Dasar Komparatif Pendidikan
Dasar Komparatif
adalah dalam rangka mengembangkan pendidikan di dalam negeri sendiri yaitu
kebaikan-kebaikan itu sebisa mungkin dapat diterapkan di negara sendiri dengan
beberapa penyesuaian kritis.
Dasar komparatif merupakan disiplin ilmu yang mempelajari sistem-sistem pendidikan baik
dalam satu negara maupun antar negara yang menyangkut:
a)
sistem pendidikan formal, non-formal dan
informal,
b)
teori dan praktek pendidikan, serta
c)
latar belakang sosial, ekonomi, politik, ideologi,
dan budaya yang mempengaruhi sistem pendidikan.
Komparatif Pendidikan secara harfiah sendiri adalah
Ilmu yang mendidik bagaimana cara membandingkan. Yang diperbandingkan dalam
ilmu ini adalah praktek dan hasil-hasil penyelenggaraan pendidikan yang terjadi
dalam masyarakat. I.L Kandel dalam bukunya “comparative education” yang
mengartikan pendidikan komparatif sebagai studi tentang teori dan praktek
pendidikan pada waktu sekarang yang dipengaruhi oleh bermacam-macam latar
belakang dan merupakan kelanjutan dari sejarah pendidikan. Setelah mengetahui
persamaan dan perbedaan keadaan pendidikan antar negara termasuk dengan
negaranya sendiri, maka dapat diambil manfaat dari kebaikan-kebaikan negara
lain tersebut. Pendidikan komparatif secara etimologis dimaksudkan sebagai ilmu yang
mengajarkan dan melatihkan tentang tata cara atau prosedur membandingkan dua
atau lebih sistem yang berbeda, baik antar daerah maupun antar negara. Istilah pendidikan komparatif sering diucapkan dengan istilah pendidikan
perbandingan, karena keduanya memiliki pengertian sama.
Carter V.Good mengartikan pendidikan komparatif
sebagai lapangan yang mempunyai tugas untuk mengadakan perbandingan teori dan
praktek pendidikan sebagaimana kacamata etnosentrisme sempit, agar mempereoleh
pengetahuan tentang model-model sistem pendidikan di berbagai negara dan
faktor-fakto yang mempengaruhi dan melatar belakangi (national character)
sistem tersebut supaya terdapat pada beberapa negeri dengan maksud untuk
mengadakan perluasan pemandangan dan pengetahuan tentang pendidikan di luar
batas negeri sendiri.
Dalam pendidikan komparatif, hal-hal yang perlu
dipelajari adalah kajian-kajian studi yang secara umum mencakup 2 hal penting
yaitu studi kawasan, dan keharusan kita mempelajari pendidikan komparatif yaitu
agar kita mengerti konsep-konsep dasar dan metode dalam membandingkan aneka
sistem baik didalam atau diluar negeri, dapat mengevaluasi keberhasilan dan
kekurangan serta mengidentifikasi sesuatu yang bermanfaat atau tidak, dapat
mempertimbangkan isu-isu pendidikan dan mengikuti perkembangan pendidikan
secara global, studi ini diarahkan pada kawasan tertentu yang berusaha
mempelajari sistem pendidikan di kawasan tersebut. Misalnya studi sistem
pendidikan di kawasan asia tenggara, eropa, dan timur tengah. Dan yang kedua
adalah studi tematik, studi ini diarahkan pada pengkajian terhadap tema-tema
tertentu dalam pendidikan misalnya, manajemen persekolahan, pengembangan
kurikulum, mutu input sekolah, otonomi sekolah atau lembaga, privatisasi
sekolah, pendidikan pra sekolah, integrasi pendidikan sekolah dan luar sekolah,
peningkatan pendidikan guru, dll.
Komentar
Posting Komentar